Diet Rendah Purin Secara Tepat

Diet Rendah Purin Secara Tepat
Diet Rendah Purin Secara Tepat

Diet rendah purin secara tepat tampaknya menjadi saran wajib yang harus ditaati oleh penderita hiperurisemia. Coba anda perhatikan, semua program diet untuk penyakit asam urat selalu menganjurkan kepada pesertanya agar patuh memantang makanan tinggi purin. Saya setuju dengan diet rendah purin untuk mengatasi hiperurisemia. Namun, saya memiliki cara yang berbeda dalam memandang purin sebagai komponen diet bagi penderita hiperurisemia.

Studi epidemiologi telah menyatakan bahwa diet tinggi purin memang meningkatkan prevalensi penyakit asam urat. Pembatasan konsumsi purin diharapkan mampu menurunkan kadar asam urat yang sudah terlanjur tinggi. Malangnya, banyak pemahaman yang salah dalam mengartikan diet rendah purin. Di kalangan awam, banyak mitos seputar makanan tinggi purin yang harus dipantang oleh penderita penyakit asam urat.

Faktanya, makanan yang harus dibatasi bukan makanan tinggi purin. Langkah awal pemilihan diet rendah purin bagi penderita hiperurisemia sudah tepat. Namun, perlu pemahaman dan pengetahuan mendalam mengenai diet rendah purin agar hasil terapi bisa optimal. Agar anda dapat menjalani diet rendah purin dengan tepat, anda perlu memiliki pengetahuan yang memadai tentang makanan tinggi purin. Andapun perlu mengetahui bagaimana menjalani diet rendah purin secara tepat.

Pengetahuan tersebut sangat penting agar anda menjalani det secara tepat dan nyaman. Secara teknis, purin berasal dari makanan hanya sedikit mempengaruhi peningkatan purin serum. Beberapa studi klinis menemukan hubungan yang tidak nyata antara diet ketat rendah purin dan penurunan asam urat serum pada penderita hiperurisemia. Artinya, diet rendah purin secara tepat, tidak selalu efektif menurunkan kadar asam urat serum jika tidak dibarengi dengan pengaturan diet secara menyeluruh dengan tepat.

Secara umum, diet rendah purin hanya menurunkan kadar asam urat serum sebesar 1-2mg/dL. Proses penurunan itu pun melalui waktu yang cukup lama. Butuh waktu sekitar beberapa minggu hingga tiga bulan, jika tanpaa disertai terapi lainnya. Dampak penurunan asam urat yang sedikit tentu tidak efektif bagi penderita hiperurisemia stadium lanjut yang memiliki kadar asam urat sangat tinggi.

Apabila kadar asam urat serum dalam darah di atas 8 mg/dL, maka sulit untuk mencapai angka normal. Tidak jarang jika seseorang yang melakukan diet purin secara ketat tidak membuahkan hasil sesuai harapan. Bahkan, kadar asam urat serum masih bisa meningkat ke angka yang lebih tinggi setelah sekian lama memantang purin. Demikianlah pembahasan diet rendah purin secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *